10 Cara Menyelamatkan HP-mu yang Kecemplung Air

Posted on

Sebelumnya, perlu disadari bahwa tidak semua bisa diselamatkan. Ini hanyalah beberapa cara untuk menyelamatkan ponselmu yang kecebur air.Pernahkah hape kamu secara nggak sengaja ketumpahan air atau kecebur air? Semoga saja belum. Tapi, mungkin ada di antara kalian yang pernah mengalaminya. Tenang saja, ada kok solusi untuk menyelamatkan ponselmu.

Beras memang salah satu cara yang sudah sangat kerap kita dengar. Tapi, ternyata ada juga cara yang lain yang nggak kalah ampuh. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba. Suatu saat kalau kamu nggak sengaja mengalaminya lagi, kamu bisa coba terapkan beberapa tips ini.

1. Langkah pertama jangan matikan HP dengan shutdown menu. cabut aja langsung baterai, memory, dan simcard. Melepas keseluruhan casing juga adalah pilihan cerdas.

Jangan pikir lama, kamu harus melatih reflek kamu untuk segera melepas baterai HP kamu sesegera mungkin setelah HP kamu kecebur atau ketumpahan air. Kamu nggak perlu pakai tombol shutdown cara semacam itu. Langsung aja lepas demi keselamatan saat itu juga.

Apes buat kamu yang punya HP dengan baterai injeksi, langsung aja tekan power dan shutdown secepat mungkin.

2. Balut HP kamu dengan tisu atau koran, lalu masukkan dalam freezer.

Balutlah HP kamu dengan tisu, lalu masukkan hape kamu ke dalam freezer. Tisu akan menyerap air dan suhu dingin akan mengeringkan air dengan membekukannya. Aneh ya? Tapi begitulah cara kerjanya. Tunggu semalaman. Kalau parah dan hape kamu belum bisa menyala, cobalah lakukan beberapa kali.

3. Siapkan ziplock, tambahkan sereal no sugar, lalu masukkan HP-mu ke situ

Kalau beras nggak ada, kamu bisa juga gunakan sereal (no sugar) sebagai penggantinya. Kamu hanya perlu memasukkan sereal (tanpa susu) ke dalam ziplock lalu membenamkan HP kamu di dalamnya. Tunggu beberapa hari untuk memastikan HP kamu benar-benar kering.

4. Silica gel yang sering kita buang sia-sia bisa menyelamatkan HP kamu yang basah.

Nggak kepikiran kan? Silica gel yang sering kita buang sia-sia ternyata bisa menyelamatkan hape kamu yang basah. Sifatnya yang menyerap kelembapan juga berlaku untuk menyerap kelembapan yang ada di dalam hape kamu yang barusaja kecebur air.

5. Gunakan kompressor udara untuk mengusir air yang ada di dalam komponen dengan mengarahkannya ke celah-celah di ponselmu.

Cara ini bisa kamu coba tapi kamu harus benar-benar berhati-hati tidak menggunakan tekanan yang terlalu tinggi. Gunakan tekanan yang rendah untuk mengusir air yang ada di dalam komponen hape kamu. Untuk memastikan udara benar-benar melewati bagian dalam hape kamu, dekatkan sumber udara dengan lubang atau celah-celah terbuka hape kamu.

Baca Juga :   Nih 5 Makanan Daerah Indonesia yang Populer di Mancanegara

6. Sedot air dan embun dalam yang sudah masuk dalam HP dengan vacuum cleaner.

Kalau teknik tiup kurang kamu percaya, coba pakai teknik sedot. Vacuum cleaner bisa juga menjadi alternatif untuk menyedot air dan uap air yang menempel di dalam komponen ponselmu.

7. Kalau kamu punya TV tabung, letakkan di dekat ventilasi sirkulasi udara dalam TV. Suhunya akan membantu air dalam HP-mu menguap.

Kalau kamu punya teve tabung, kamu bisa juga selamatkan HP kamu dengan barang kuno ini. Ingat kalau teve tabung memiliki lubang-lubang di belakangnya? Itu adalah jalan atau sirkulasi udara. Udara panas yang ada dalam teve akan dikeluarkan lewat lubang-lubang itu. Letakkan hape kamu di situ dan teve kamu akan mengeringkannya.

8. Alternatif: Kalau kamu hanya punya kipas angin, gantung aja HP kamu tepat di depan kipas angin, semalaman.

Kalau alat-alat di atas nggak kamu miliki, mungkin alat satu ini kamu miliki. Alat yang akrab dengan anak kos ini juga bisa mengeringkan hape kamu yang basah. Caranya adalah menggantungkan hape kamu di depan kipas angin, tinggalkan saja semalaman atau beberapa malam.

9. Untuk luka ringan, kamu bisa pakai cotton bud untuk mengeringkan daerah-daerah yang sulit dijangkau jari-jarimu.

Kalau air yang membasahi hape kamu nggak seberapa alias luka ringan, kamu bisa bersihkan dengan mudah. Tapi, kalau ada sudut-sudut yang sulit dijangkau jari, kamu bisa gunakan cotton bud untuk menyerap airnya.

10. Yang terpenting adalah mencegah lebih baik dari menanggulangi. Kalau kamu sedang berhadapan dengan air, mending hindarkan HP kamu darinya.

Yang paling peting dari semuanya adalah mencegahnya. Yang paling sering sih ke toilet sambil main hape, mungkin kamu harus lebih berhati-hati saat melakukan hal ini.

Beberapa orang telah membuktikannya. Memang ada yang berhasil dan ada juga yang tidak. Semua tergantung seberapa parah air yang masuk dalam hape kamu.